Thursday, August 31, 2006
Gerakan Hizbut Tahrir Mulai Cari Pengaruh di Palestina

Gerakan Hizbut Tahrir, menggiatkan aktifitasnya lebih intensif dalam beberapa waktu terakhir, di Palestina. Kegiatan Hizbut Tahrir terlihat mencolok belakangan ini ketimbang waktu-waktu lalu. Mereka membentangkan berbagai spanduk dan menggunakan sarana informasi untuk mensosialisasikan ide mengembalikan Khilafah Islamiyah.

Eyad Bargoutsi, pakar gerakan Islam di Palestina menyebutkan bahwa Hizbut Tahrir saat ini muncul mencuat dan menawarkan pemikirannya sebagai alternatif Islam di pentas politik Palestina. Meski saat ini Palestina tengah menghadapi krisis politik internal dan tekanan negara Barat atas pemerintahan yang dipimpin Hamas.

Dalam beberapa hari lalu, secara mengejutkan Hizbut Tahrir membentangkan berbagai spanduk di jalan-jalan Palestina di Jalur Ghaza, dengan tema Khilafah Islamiyah. Misalnya saja tulisan, "Khilafah, jalan keluarnya", "Satu Umat, Satu Negara", "Kembalikan, Khilafah Ala Minhajin Nubuwwah" dan sebagainya. Spanduk spanduk itu juga bermunculan di Nablus, Al-Khalil, dan Tepi Barat. Mereka juga menggelar sebuah seminar besar di Ramallah.
Para peserta seminar dengan semangat mengangkat pernyataan dan spanduk mereka di beberapa jalan Palestina dengan kalimat, "Hilangnya Khilafah Sebabkan Hilangnya Palestina", "Dengan Khilafah Kita Memerangi bukan Diperangi". Mereka menuntut pengembalian Khilafah Islamiyah sebagai syarat kebangkitan jati diri kaum Muslimin.

DR. Nabil Halbi, salah satu jajaran pemimpin Hizbut Tahrir mengatakan, "Organisasi kami melakukan kampanye intensif dalam beberapa waktu terakhir karena tekanan negara Barat yang semakin kuat terhadap pemerintahan negara kaum Muslimin. Hizbut Tahrir ingin agar umat ini bersatu dan membela agama mereka, di bawah pemerintahan yang satu, yang otomatis bisa mengembalikan kemuliaannya. "

Lebih jauh Halbi yang juga seorang dosen ilmu Kimia di Universitas Islam di Ghaza mengatakan, "Kenyataan sekarang memang membutuhkan kebangkitan kaum muslimin di level pemikiran. Dari sinilah Hizbut Tahrir memiliki pandangan bahwa aksi di jalanan untuk menarik simpatik dan dukungan masyarakat terhadap masalah yang ada, akan sangat memberi pengaruh." Ia juga menyampaikan bahwa Hizbut Tahrir adalah partai politik yang berbasis Islam dan berupaya mendirikan negara Islam.

Terkait sarana yang digunakan Hizbut Tahrir untuk mencapai sasaran gerakannya, Halbi mengatakan, "Sarana yang digunakan adalah upaya bersama masyarakat untuk masuk dalam pertarungan politik bersama pemerintah, pertarungan pemikiran dengan berbagai pemikiran yang ada. Kemudian mencari dukungan dari para pemilik kekuatan para pemimpin militer di negara-negara kaum Muslimin."

Ia mengatakan bahwa umat Islam saat ini sebenarnya memiliki kekuatan, tapi para pemimpinnya kehilangan kepercayaan sehingga menjadi target musuh. Perang Israel terakhir atas Libanon adalah bukti tentang hal tersebut.

"Tanda-tanda kemenangan itu sudah ada. Karena umat Islam ini memiliki para tokoh dan sumber kebaikan. Umat ini bersatu dalam pemikiran Islam dan maju dengan pemikiran Islam. Belum pernah terjadi kemajuan seperti ini sebelumnya, sehingga semua partai sekuler dan nasionalis kehilangan eksistensinya, " ujar Halbi.

Tentang kedudukan Hizbut tahrir di Palestina, ia menyatakan, Hizbut Tahrir tak memiliki struktur kepemimpinan di dalam Palestina karena Hizbut Tahrir tidak terbentuk sebagai sebuah partai lokal, tapi sebagai organisasi internasional. Ia kemudian mengkritik keberadaan pemerintah Palestina pimpinan Hamas. Menurutnya, "Pemerintahan sekarang merupakan pemerintahan ilegal karena dibangun di atas kesepakatan Oslo yang diprakarsai oleh pemerintah otonomi Palestina. Karena itu, pemerintahan seperti ini sama sekali tidak menerapkan Islam." Ia bahkan menegaskan, "Kami tahu bahwa para anggota pemerintahan ini adalah kaum Muslimin dan terkenal dengan ketulusannya. Tapi apa yang diterapkan oleh pemerintah, sama sekali tidak Islami." (na-str/iol)

Sumber : http://www.eramuslim.com/news/int/44f4e233.htm (Rabu, 30 Agu 06 14:07 WIB)
posted by Asep @ 2:12 PM   0 comments
Profil
Profil Facebook Asep Firman
Buat lencana kamu sendiri
Tentangku
My Photo
Name:
Location: Kelapa Gading, Jakarta, Indonesia

Manusia biasa yang sedang meretas jalan untuk meraih ridho Illahi

Banner 1
Banner 2
Udah Lewat
Arsip Lama
Sekilas Info


.:AGENDA & REGARD:.
Akhir-akhir ini banyak berkutat dengan soal-soal UAS, maklum bentar lagi UAS kan...hehehe..
Afwan, kepada siapa saja kalau akhir-akhir ini saya kurang respon karena kondisi kesehatan agak terganggu nich...mudah-mudahan tidak mengurangi ukhuwwah kita..

Shillah Ukhuwwah
Pengingat Waktu

Anda Pengunjung Yang Ke :

Counter Stats
travel insurance
travel insurance Counter -->

Link Website

Bahan Renungan


.:Wise Words:.
Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (TQS. Al Maidah 50)

Barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka baginya penghidupan yang sempit dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.(Qs. Thahâ [20]: 124).

Dia-lah (Allah) yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkan di atas segala agama-agama walau pun orang-orang musyrik benci. (QS Ash-Shaff [61] : 9)

Apabila kalian menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolong kalian dan akan meneguhkan kedudukan kalian di muka bumi. (TQS Muhammad:7)

Sesungguhnya Allah Swt. berfirman,"Barangsiapa menghinakan wali (kekasih)-Ku, ia telah terang-terangan memusuhi-Ku. Wahai Anak Adam, engkau tidak akan mendapatkan apa saja yang ada pada-Ku kecuali dengan melaksanakan perkara yang telah Aku fardhukan kepadamu. Hamba-Ku yang terus-menerus mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan melaksanakan ibadah sunah, maka pasti Aku akan mencintainya. Maka (jika Aku telah mencintainya) Aku akan menjadi hatinya yang ia berpikir dengannya; dan Aku menjadi lisannya yang ia berbicara dengannya; dan Aku menjadi matanya yang ia melihat dengannya. Jika ia berdo'a kepada-Ku, maka pasti Aku akan memberinya. Jika ia meminta pertolongan kepada-Ku, maka pasti Aku akan menolongnya. ibadah hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah memberikan nasihat(Dikeluarkan oleh ath-Thabrani dalm Kitab al-Kabir)

Backsound


Afiliasi
15n41n1
 Blognya Indonesian Muslim Blogger?E